MENGATUR PENGELUARAN BULANAN : COBA TIPS INI !

Tips Mengatur Pengeluaran Bulanan
  • 33
  •  
  •  
  •  
  •  
    33
    Shares

Pernahkah anda mengalami kesulitan dalam mengatur pengeluaran bulanan ? jika jawabannya iya, artinya kita pernah mengalami hal yang sama dan serupa. Nah, untuk itu melalui tulisan ini saya akan berbagi tips sederhana tentang bagimana cara mengatur pengeluaran bulanan sehingga anda mampu menjadi pribadi yang jauh lebih mapan.

Perhatikan pernyataan berikut;

Pada awal tahun bisa berlangganan artikel favorit (Cara Pengusaha Mengelola Bisnis), beberapa bulan lalu bisa membeli Hand Phone keluaran terbaru, bahkan pada bulan ini bisaTraveling ke beberapa negara di luar negeri,kemudian, bulan depan bisa apa lagi ?

Menyenangkan bukan ? ketika kita memiliki uang berlebih, kita mampu melakukan banyak hal demi memenuhi keinginan kita. Dalam hal ini mampu menikmati produk / jasa yang benar-benar kita inginkan.

Baca : CARA PENGUSAHA PEMULA MENGELOLA BISNIS ✓

Berdasarkan pengalaman pribadi yang pernah saya alami. Banyak orang yang saya temui dari waktu ke waktu baik dalam lingkungan bisnis, lingkungan kerja, keluarga besar, tetangga rumah, bahkan orang lain yang hanya berkomunikasi melalui sosial media. Sering menanyakan hal seperti ini kepada saya;

Bagaimana cara mengatur pengeluaran bulanan, agar saya dapat memilki uang lebih untuk membeli barang / merasakan jasa yang saya inginkan ?

Kuncinya adalah mengatur pengeluaran bulanan dengan sangat detail dan melakukan perencanaan pengeluaran jangka panjang untuk kehidupan pada masa yang akan datang. Dalam hal memenuhi dua point penting diatas, maka diperlukan tips-tips sederhana yang mudah untuk diterapkan dan direalisasikan dalam keseharian hidup para pembaca. Simak tips-tips berikut;

1. MENGETAHUI MANA KEBUTUHAN, MANA KEINGINAN

want or need

Dalam mengatur pengeluaran bulanan sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan. Saya sarankan untuk lebih mementingkan kebutuhan, karena kebutuhan ini bersifat primer dan tidak bisa ditunda. Sedangkan, keinginan lebih tepatnya bersifat sekunder bahkan cendrung tersier dan bisa ditunda untuk penggunaanya.

2. ALOKASI BUDGET ATAS PENGELUARAN BULANAN

Budgeting

Pada hakikatnya, dalam kasus pengeluaran bulanan ada yang bersifat tetap (fixed) dan ada pula yang bersifat berubah (variabel). nah disnilah peran dan fungsi alokasi budget dipergunakan, dengan harapan biaya-biaya yang bersifat variabel (berubah) dapat diberikan batasan (border) berupa budget agar nantinya pengeluaran tidak akan melebihi dari pendapatan yang kita miliki.

Biaya tetap adalah biaya yang secara nilai akan bersifat tetap (fixed) dan tidak berubah meskipun terdapat perubahan kuantitas dalam volumenya. Sederhananya begini, biaya tetep dalam pembahasan kita kali ini adalah biaya rutin pengeluaran dengan nilai yang memiliki kecendrungan tidak berubah dalam pengeluaran bulanan kita. Kita ambil contoh diantaranya ;

  • Listrik Bulanan
  • Sewa Rumah dan Kendaraan Bulanan
  • Hiburan Bulanan
  • Air Bulanan
  • Konsumsi Bulanan
  • Transportasi Bulanan
  • Internet Bulanan
  • Kebutuhan Dapur
  • Dan Biaya yang bersifat tetap lainnya

3. MENCATAT SELURUH TRANSAKSI PENGELUARAN BULANAN

Expense Report

Mencatat setiap transaksi pengeluaran merupakan salah satu metode yang efektif, untuk melakukan tracing terhadap pengeluaran yang terjadi. Hal ini begitu penting karena dengan melakukan pencatatan akan membiasakan kita untuk menjadi lebih teliti dan aware terhadap pengeluaran yang sudah dikeluarkan.

Mungkin akan muncul berbagai masalah mengenai pencatatan pengeluaran antaralain;

1. Ribet (Tidak Praktis)
Hal yang tidak praktis dalam mencatat pengeluaran bulanan salah satunya membutuhkan tools, seperti kertas dan alat tulis. Padahal dizaman ini kita lebih akrab dalam menggunakan Handphone dan Laptop.

2. Muda Hilang/Tercecer
Apabila kertas atau buku catatan hilang, maka kita akan mulai mencatatnya dari awal kembali.

3. Sifat Malas
Sifat ini bisa timbul apabila terlalu sering melakukan aktivitas yang sama secara terus menerus setiap harinya. Contoh dalam kasus ini adalah melakukan pencatatan pengeluaran dengan cara mengupdate catatan setiap harinya menggunakan kertas dan alat tulis.

Namun tidak perlu khawatir, dengan adanya perubahan zaman dan perkembangan teknologi telah dikembangkan berbagai Apps yang berfungsi untuk membantu mempermudah fungsi hidup manusia dalam hal ini “APPS MENGATUR PENGELUARAN BULANAN”. (Klik disini )

4. MEMONITORING DAN MENGEVALUASI SELURUH PENGELUARAN BULANAN

Monitoring and Evaluating

Tips terakhir adalah memonitoring dan mengevaluasi seluruh pengeluaran yang ada. Tips ini begitu penting karena jika tahap ini tidak dilakukan maka 3 tips sebelumnya (akan menjadi sia-sia.

Memonitoring dan mengevaluasi akan membantu kita untuk melakukan sortir kedua kalinya terhadap biaya-biaya yang sudah kita keluarkan. Terkadang, apa yang telah menjadi pengeluaran kita tidak benar-benar menjadi kebutuhan yang bersifat primer melainkan cendrung ke keinginan yang bersifat sekunder bahkan tersier.

Nah, berikut tips-tips sederhana yang bisa saya bagi ke para pembaca. Ingat ! tips diatas memang sangat sederhana secara teoritas. Namun dalam menjalankan dan merealisasikannya ke kehidupan nyata butuh action lebih agar kedepannya teman-teman jauh menjadi lebih mapan dan berhasil dalam mengatur pengeluaran bulanan dari bulan-bulan sebelumnya.

Baca : APPS KEUANGAN BULANAN : WAJIB COBA ! ✓

Anda terbantu dengan artikel ini ? Silahkan share agar menjadi lebih bermanfaat 😊.


  • 33
  •  
  •  
  •  
  •  
    33
    Shares
  •  
    33
    Shares
  • 33
  •  
  •  
  •  

About F Joanda

Dirutkece adalah brand. Menjadi kebanggan tersendiri untuk saya ketika bisa berbagi banyak hal kepada orang lain.

View all posts by F Joanda →

20 Comments on “MENGATUR PENGELUARAN BULANAN : COBA TIPS INI !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *