PERAN STAKEHOLDERS DALAM PERUSAHAAN : SIAPA MEREKA ?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Stakeholders adalah siapapun mereka baik dari internal maupun eksternal yang memberikan efek atas performa dari perusahaan. Ketika para Shareholders bertindak sebagai pemilik saham dari perusahaan, yang membuat perusahaan secara internal dimiliki oleh para pemegang saham tersebut.

Karena shareholders merupakan bagian dari perusahaan, mereka harus benar dalam memilih team. Bagaimana perusahaan harus mengatur dan menerima keuntungan atas saham yang dimiliki. Seluruh shareholders adalah stakeholders (secara internal).

BACA : HIRARKI PERUSAHAAN : IMPLEMENTASI SESUAI KEBUTUHAN BISNIS✓

Semenjak performa perusahaan yang secara langsung memberikan impact atas nilai dari saham yang mereka pegang. Pada saat performa perusahaan bagus, maka nilai saham akan naik. Namun ketika performa memburuk, maka saham akan jatuh.

Bagaimanapun, stakeholders dapat dikatakan juga sebagai non – shareholders secara individu ataupun group yang memeiliki ketertarikan pada apa yang dilakukan perusahaan. Ataupun hal yang berkaitan dengan situasi keuangan tergantung pada perusahaan.

Beberapa group stakeholders tertarik pada perusahaan yang memiliki perlakuan etika pekerja, pendekatan berkelanjutan pada lingkungan, dan sikap kepada masyarakat. Semua ini dikenal dengan istilah kriteria “Environmental, Social, Governance (ESG)“.

AREA KETERTARIKAN PARA STAKEHOLDERS

Sumber Gambar : esmart.uny.ac.id

Beberapa grup stakeholders sangat concerned hanya pada faktor ESG (environmental, social, governance). Ketika sebahagian yang lain lebih tertarik pada performa keuangan perusahaan. Kebanyakan para stakeholders setidaknya memiliki ketertarikan pada kedua sisi, terutama ketika masalah negatif publik ke perusahaan mampu membuat nilai saham jatuh.

A. STAKEHOLDERS DENGAN FOKUS ESG FAKTOR

Stakeholders tidak memberikan perubahan secara langusng, tetapi mereka percaya bahwa perusahaan akan bertanggungjawab penuh atas komunitas yang mereka operasikan, menghormati lingkungan, hak asasi manusia, dan kesejahteraan hewan.

“US $ 892 Million rata-rata kejatuhan nilai pasar dengan trigger berita negatif tentang catatan hak asasi manusia di perusahaan”.

Non – Governmental Organization
>> Kontribusi terhadap lingkungan dan masalah sosial.

>> Pemenuhan aspek legal.

Community
>> Impact terhadap penduduk lokal.

>> Fokus terhadap kesejahteraan sosial yang lebih luas.

B. STAKEHOLDERS DENGAN FOKUS EKONOMI DAN ESG FAKTOR

Stakeholders menggunakan ESG dikenali sebagai bagian dari kebijakan dan laporan bagi kebanyakan perusahaan. Dalam hal mengevaluasi tingkahlaku koorporat dan menentukan performa keuangan dimasa depan, jarak fokus dari keuntungan dan etika.

Government
> Pembayaran pajak
> Pemenuhan kelengkapan legal

Shareholders
> Kemampuan untuk membayar deviden
> Meningkatan nilai saham

Customers
> Kualitas produk
> Nilai untuk uang
> Servis pelanggan

Trade and Labour Union
> Treatment ke pekerja
> Pembayaran yang adil, benefit, dan kondisi kerja

Supplier
> Kemampuan membayar hutang
> Likuiditas yang cukup

Employees
> Gaji dan benefit
> Umur panjang dari perusahaan
> Prospek karyawan

Lenders
> Kemampuan untuk membayar pinjaman
> Integrates manajemen
> Kekuatan finansial perusahaan

BACA : STRUKTUR KEPEMIMPINAN PERUSAHAAN : SIAPA SAJA BOD ?✓

BAGAIMANA STAKEHOLDERS MEMBERIKAN EFEK KEPADA NILAI SAHAM ?

Sumber Gambar : esmart.uny.ac.id

“75% peningkatan atas jumlah perusahaan perdagangan publik* melaporkan ESG”.

Bloomberg database for period 2008 – 2011

Aksi para stakeholders dalam membandingkan stakeholders lainnya, dengan para shareholders yang lebih memiliki ketertarikan pada performa keuangan perusahaan. Mereka juga melakukan penekanan atas ketertarikan dalam hal seserius apa perusahaan mengambil tanggungjawab pada sosial dan lingkungan mereka secara sadar.

Beberapa profil tertinggi telah menunjukan kasus tentang bagaimana ekspresi / reaksi stakeholders mampu menurunkan harga saham secara signifikan. Dengan menggunakan sosial media para stakeholders mampu menghasilkan badai ketidaksetujuan publik, memicu kemarahan pelanggan, dan investor yang gugup / meragu.

STUDI KASUS BRITISH PERTOLEUM

Pada April 2010, sebuah offshore miyak milik British Petroleum (BP) meledak di teluk Mexico. BP berusaha untuk fokus meringankan beban stakeholders, namun mendapatkan respon negatif. Dimulai dengan kampanye sosial media mereka, sebagai perusahaan yang malu atas tragedi tersebut.

66 hari setelah minyak itu tumpah, nilai saham BP mengalami penurunan pada pasar uang New York sebesar 52%.

Referensi :
[1] How Business Works, DK.


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About F Joanda

Dirutkece adalah brand. Menjadi kebanggan tersendiri untuk saya ketika bisa berbagi banyak hal kepada orang lain.

View all posts by F Joanda →

One Comment on “PERAN STAKEHOLDERS DALAM PERUSAHAAN : SIAPA MEREKA ?”

  1. Magnificent beat ! I would like to apprentice while you amend your web site, how can i subscribe for a blog web site? The account aided me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast provided bright clear idea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *