STRUKTUR KEPEMIMPINAN PERUSAHAAN : SIAPA SAJA BOD ?

BOD
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Menentukan hirarki sebuah perusahaan – termasuk berapa banyak lapisan tenaga yang diperlukan dalam struktur kepemimpinan perusahaan dan siapa BOD ?. Serta bagaimana banyak karyawan yang ditunjuk disetiap tingkatan merupakan tantangan terbesar dalam manajemen modern dewasa ini.

Apabila perusahaan dijalankan oleh keluarga, biasanya struktur kepemimpinan perusahaan di isi oleh orang – orang yang merupakan bagian dari keluarga tersebut. Munculnya perusahaan publik yang dimaksudkan agar tipe kepemilikan perusahaan dipisahkan dari manajemen, sehingga kepentingan para pemegang saham menjadi perioritas utama.

  • Overtime Pay – Staff manajerial yang tidak dibayar overtime menempati posisi bebas (tidak terikat). Sedangkan yang menempati posisi terikat, biasanya merupakan staff non manajerial yang bekerja dan dibayar per jam berdasarkan kualifikasi overtime pay nya.
  • Who Bosses Whom – Ketika seorang manajer yang memiliki otoritas formal (kekuasaan untuk membuat keputusan) dari pada yang lainnya. Ini disebut sebagai vertical specialization, sedangkan horizontal specialization adalah beberapa manajer yang memiliki otoritas kekuasaan yang sama atau setara.

“46% KARYAWAN DI UNITED KINGDOM PERCAYA BAHWA APA YANG DIKATAKAN SENIOR MANAJER TENTANG APA YANG SEDANG TERJADI DIPERUSAHAAN ADALAH BENAR”.

STRUKTUR KEPEMIMPINAN PERUSAHAAN

Shareholders dan Stakeholders
Stakeholders adalah orang orang yang berada diluar perusahaan tetapi memiliki andil besar dalam perkembangan bisnis. Shareholders adalah mereka yang telah membeli saham dari perusahaan, sehingga memiliki posisi didalam unit usaha.

BOD (Borad of Director)
Board of Director memastikan bahwa perusahaan berjalan menguntungkan untuk menyediakan pengembalian investasi (return) ke para shareholders. BOD dipimpin oleh chairman, yang terkadang juga menjabat sebagai seorang CEO.

C Suite Executive
Manajemen level atas yang mengoperasikan perusahaan hari demi hari dan merancang strategi. Dikenal sebagai C suites sebagai pekerja dengan title C untuk Chief yang dipimpin oleh CEO.

Mid Management
Kepala departmen dan devisi pada umumnya disebut sebagai manajer, pekerja pada level ini seringnya menjadi yang paling utama untuk dihilangkan (cut) apabila perusahaan melakukan downsizes (perampingan) dan restructures (restrukturisasi).

Junior Management
Supervisor, manajer, atau tim leader yang secara langsung mengatur kelompok karyawan dengan membawa tugas yang spesifik.

Non Management Employees
Urutan terendah dalam struktur kepemimpinan perusahaan (organisasi). Memiliki kemampuan atau tidak, para pekerja membawa tugas inti yang diperlukan untuk mengoperasikan perusahaan.

BACA : STRATEGI EKSPANSI – INTEGRASI VERTIKAL DAN HORIZONTAL✓

BOARD OF DIRECTORS (BOD)

Sumber Gambar : marketbusinessnews.com/

“RATA – RATA PERUSAHAAN YANG BERADA DI UNITED STATES MEMILIKI 9,2 DIREKTUR”

Perusahaan publik diwajib kan untuk membuat perjanjian hukum yang mana para board of directors adalah bertindak sebagai dewan pengawas. Seluruh perusahaan minimal harus memiliki serorang BOD, jika perusahaan go public secara legal diperlukannya sekelompok BOD.

Para BOD perlu memiliki pengalaman dibidang bisnis sebelumnya, sehingga dapat memberikan advise sebagai dewan pengawas yang independent terhadap perusahaan demi kepentingan shareholders. Para BOD bisa saja berasal dari dalam perusahaan, ataupun dari pihak luar yang bersifat independent.

BOD juga harus mempunyai kemampuan ahli yang dapat mengcover dibidang hukum, keuangan, dan marketing – serta kemampuan spesialis atas pengetahuan industri. Memiliki kemampuan dengan banyak jaringan (network) merupakan nilai lebih dalam membangun hubungan sebagai figur yang berpengaruh di dalam korporasi dan lingkup pemerintahan.

Berdasarkan urutan yang berlaku, dimana BOD terdiri dari Chairman, Vice Chairman, Secretary and Treasurer.

BOD Cycle

KESEIMBANGAN PARA BOD

Sumber Gambar : insurance-advocate.com

“44% PERUSAHAAN DI UNITED STATES, MELAKUKAN PEMISAHAN PERAN CEO DAN CHAIRMAN DI 2012. PERSENTASE INI NAIK SEBESAR 21% DIBANDINGKAN TAHUN 2001”

– LISTED ON THE S&P 500 INDEX

Para BOD memiliki tiga area tanggungjawab yang begitu jelas, diantaranya ;

  • Mengembangkan strategi bisnis
  • Memberikan advice ke perusahaan
  • Mengawasi perkembangan bisnis yang sedang berjalan

Memilih jajaran BOD dengan mencampurkan para direktur hebat pada posisi fungsi yang sangat krusial. Jajaran BOD bisa berasal dari dalam, maupun dari luar perusahaan. Mereka yang bekerja untuk perusahaan (eksekutif atau internal perusahaan) wajib memiliki keahlian lebih dalam menjalankan bisnis.

Akan tetapi jajaran yang independent (non eksekutif atau eksternal perusahaan) lebih baik diposisikan untuk menawarkan prespektif bisnis, meneliti dengan cermat mengenai aksi yang diambil para eksekutif perusahaan, dan memanggil mereka ke dalam akun.

Apabila muncul konflik kepentingan antara manajemen dan shareholders (pemegang saham), independent direktur akan berat dalag mengambil keputusan terbaik demi kepentingan perusahaan. Keseimbangan yang ideal merupak hot topic yang ada di tatakelola perusahaan (corporate governance).

Diperusahaan United States, memiliki tradisi yang mana peran CEO dan Chairman digabung kedalam satu tubuh atau posisi. Akan tetapi selalu dbanjiri dengan berbagai skandal, sehingga saat ini peran tersebut lebih baik berada ditangan dua individu yang berbeda. Di Eropa pemisahan fungsi keduanya masih menjadi praktek bisnis yang terbaik sejauh ini.

BACA : MERGER DAN AKUISISI : STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS✓

VARIASI STRUKTUR BOD

Sumber Gambar : saultdowntown.com
  • NED’sNon Executive Directors, juga dikenal sebagai independent, eksternal, atau direksi yang berasal dari luar.
  • Executive Directors – Jajaran dewan yang juga bekerja pada perusahaan tersebut. Istilah penyebutan mengenai Executive Director dan title jabatan CEO adalah sama.
  • Companies Act – Merupakan undang – undang korporat di sebagian negara, yang mana berspesifikasi pada proporsional direksi dari dalam maupun luar.

Independent BOD
Jajaran BOD yang duduk diantara perusahaan dan pemegang saham (shareholders). CEO sebagai chanel komunikasi utama antara BOD dan perusahaan.

Saat Chariman menjadi saluran utama antara BOD dan pemegang saham (shareholders). Struktur seperti ini memberikan independensi lebih ke para BOD.

CEO as Chairman (Duplication Role)
Didalam sebuah perancangan yang mana CEO perusahaan berposisi sebagai Chairman. Tawaran seperti ini sangat kurang atas independensi keamanan keuangan, strategi, dan perform dalam menghindari peran ganda.

Pada umumnya set up seperti ini sering ditemukan pada bisnis kecil dan menengah.

Senior Management as Director
Sebuah struktur yang mana para senior manager superit ; CFO, COO, CMO, dll termasuk didalam jajaran BOD.

CFO ditunjuk sebagai treasurer, COO sebagai Vice Chairman, dan CEO menduduki posisi Chairman.

Two Tier Board
Sebuah pengaturan yang dibuat terpisah antara supervisory dan executive BOD. Supervisory BOD tersusun diluar dari jajaran direksi.

Dipimpin oleh Chairman, Executive BOD terdiri dari senior manajer termasuk CEO. Dua tipe BOD diatas selalu bertemu secara terpisah.

Pros and Cons CEO as Chairman

Referensi ;
[1] How Business Works, DK


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About F Joanda

Dirutkece adalah brand. Menjadi kebanggan tersendiri untuk saya ketika bisa berbagi banyak hal kepada orang lain.

View all posts by F Joanda →

3 Comments on “STRUKTUR KEPEMIMPINAN PERUSAHAAN : SIAPA SAJA BOD ?”

  1. Bounce rate.
    Network traffic to boost ranks and exposure.

    NEW! Now you can choose the Country you want the traffic to come from, as well.

    Supercharge Your SEO And Boost Your Alexa Ranking with 1 Million unique Visitors Traffic sent Within 1 Month. Available only Here. Cheapest Offer On the Internet And Exclusively Available on Monkey Digital

    Read More details about our great offer:
    https://monkeydigital.co/product/network-traffic-offer/

    Thanks and regards
    Mike
    Monkey Digital
    monkeydigital.co@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *